Senin, 09 September 2013

SENAM KANWIL DJKN KALBAR

SENAM KANWIL DJKN KALIMANTAN BARAT

Hari Jumat 30 Agustus 2013, dilaksanakan Olahraga Senam di halaman Kantor wilayah DJKN Kalimantan Barat, Jalan Sutoyo 122 Pontianak, Kordinator BAPOR Kanwil DJKN Kalbar, Widya Sananda, mengatakan Olahraga Senam yang dilakukan merupakan awal kegiatan BAPOR setelah melaksanakan ibadah puasa ramadhan dan Iedul Fitri, maka untuk memberikan kesegaran pada jiwa dan jasmani pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Kalbar perlu dilakukan upaya olahraga rutin Senam, Badminton, Tenis Meja dan lainnya.

Peserta acara Senam kali ini adalah pak Guntur Sumitro (Gunsmit) Kabag Umum, Bapak Kusmartono (MasTon) Kabid Penilai, Bapak Prastowo (MasPras) Kabid PN, Bapak Widya Sananda (WiNanda) Kabid Lelang, Bapak Sugeng Aprianto (MasSugeng) Kabid KIHI, dan pejabat eselon IV dan staf Kanwil DJKN Kalbar.

Olahraga Senam merupakan obat mujarab yang mudah dan murah untuk mendapatkan tubuh yang sehat jasmani dan rohani, apalagi sekarang ini sedang menghadapi situasi ekonomi yang kurang baik, daripada memikirkan harga barang naik, tiket keluar kota Pontianak yang mahal, serta untuk mengusir kejenuhan dalam pekerjaan dan terlebih lagi jauh dari keluarga, maka cara yang paling mudah adalah melakukan olahraga dengan hati yang senang, sebagaimana yang dilakukan oleh "pecandu senam" di Kanwil DJKN kalbar, karena mereka tahu bahwa Olahraga Senam bukan hanya membuat tubuh bugar, menjaga berat badan ideal, dan membentuk otot, kegiatan olahraga juga dapat merangsang otak lebih segar dan sehat... (...maksudnya apa nih ???... kata pak Rohadi sambil menjepret kameranya....).

Acara Olahraga Senam yang dilakukan terasa benar kenikmatannya, terutama waktu mengikuti gerakan instruktur senam "yang cukup manis" kata MasSugeng. Peserta semakin lincah bergoyang, ada gaya kumis, ada gaya satpam, bahkan gaya bebek ala penyanyi dangdut De Mocca pun ditampilkan peserta senam walau instrukturnya belum sampai kesana goyangnya... (maklum suka-sukanya peserta senam, yang penting happy..) seperti kata lagu: "Ayo kita Senam agar badan tetap segar...".
 
Kata orang seberang sana yang paham akan manfaat olahraga mengatakan: "exercise is very important for diabetics, because it can control blood sugar levels and decreased body weight and blood pressure. Because during exercise, muscle cells to work harder so that more needed to burn sugar and oxygen into energy than when resting. Exercise also help insulin work because sugar in blood flowed into muscle cells for conversion into energy so that automatic blood sugar levels in blood will decrease so that will lighten the work of insulin".

Jadi hasil penelitian ahli kesehatan, bahwa olahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, antara lain dapat meningkatkan kemampuan otak, dengan latihan fisik yang rutin dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Karena olahraga bisa meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak. Para ahli percaya bahwa hal-hal ini dapat mendorong reaksi fisik dan mental yang lebih baik.

Olahraga juga dapat mengurangi rasa kegelisahan, bahkan bisa membantu mengendalikan amarah, dengan latihan aerobik dapat pula meningkatkan kemampuan jantung, dan bisa membuat lebih cepat dapat mengatasi stress. 
Bila kita melakukan olahraga dengan santai dan teratur, maka aktivitas itu dapat meningkatkan hormon baik dalam otak seperti adrenalin, serotin, dopamin dan endorfin, dimana hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tubuh. 

Hasil penelitian pada Duke University, North Carolina-USA, menemukan bahwa dengan olahraga rutin orang yang mengalami depresi dapat disembuhkan tanpa obat.. (tuh hebatnya olahraga bagi tubuh...)


Setelah melakukan senam, adalagi olahraga baru yang ditampilkan peserta, adalah olahraga gaya narsis (maksudnya mejeng foto buat kirim ke BBnya....) dan olahraga dengan mulut yaitu makan jagung dan pisang rebus......nyessss..nikmatnya......
Rupanya dari panitia Senam tahu kesukaan peserta setelah olahraga yaitu makan jagung dan pisang rebus ala Pontianak dan terakhir disuguhi pula bubur kacang hijau... (sudah pasti ini acara yang ditunggu peserta....).
Hal yang sepertinya sama dengan kebiasaan dan kesukaan Jokowi terhadap makanan pisang rebus yang disantapnya saat acara ulang tahun Jakarta beberapa waktu yang lalu....
 
Jagung Rebus dan Pisang Rebus memang makanan yang cocok bagi olahragawan karena, Jagung mempunyai kandungan phytochemical fenolik melindungi dari bahaya diabetes dan hipertensi. Ia dianggap efektif dalam mengurangi hipertensi, dan juga merupakan sumber beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh. Ini penting untuk pemeliharaan dari pandangan mata yang baik dan kulit lembut. 

Sedangkan buah pisang kaya akan kalium dan sedikit garam cocok bagi penderita hypertensi, selain dapat mengatasi amenia sehingga merupakan makanan favorit olahragawan.
Oleh karena itu, mari kita gempitakan Olahraga, termasuk makan sehat.....

Dikutip dari berbagai sumber-(Ananda-sept2013)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar